WINDA AFIANTI (2023) Disonansi Moral Pada Anak Usia Dini. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKIsu terkait pelemahan nilai moral pada pendidikan anak usia dini menjadi sangat menghawatirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perilaku disonansi moral pada anak usia 5-6 tahun. Studi ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan sampel 23 anak di Taman Kanak-Kanak TK Eka Bhakti. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan wawancara yang dilakukan pada anak dan orang tua murid. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model trianggulasi data dan dinterpretasikan ke dalam kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia dini khususnya di lembaga Taman Kanak-Kanak Eka Bhakti mengalami proses disonansi moral yaitu pelemahan nilai-nilai ajaran moral yang positif. Faktor penyebab dari disonansi moral yang ditunjukkan oleh anak berasal dari faktor kemajuan Iptek & modernisasi sebesar 40%, faktor personal sebesar32%, faktor kognitif sebesar24%, dan faktor sosiopolitis sebesar 4%. Selanjutnya jenis-jenis perilaku disonansi yang ditunjukkan oleh anak Taman Kanak-Kanak Eka Bhakti yaitu ada 10 jenis perilaku. Perilaku tersebut yaitu: a) bullying 30 kejadian; b) berbohong 29 kejadian; c) sikap tidak sopan 24 kejadian; d) ingkar janji 20 kejadian; e) melanggar aturan 19 kejadian; f) kekerasan fisik 10 kejadian; g) mengambil barang teman 6 kejadian; h) merusak benda 5 kejadian; i) membentak 5 kejadian; j) dan mengumpat ada 4 kejadian. Kesimpulan menunjukkan bahwa peran orang dewasa sangat penting dalam mengatasi pelemahan nilai dan norma moral yang terjadi pada anak.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Anak Usia Dini, Disonansi Moral, Pendidikan Moral |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3834 |