Search for collections on Karya Ilmiah

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SUMBERDADI TULUNGAGUNG

VIVI SAMROTUL ASFIYAH (2023) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SUMBERDADI TULUNGAGUNG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung anak yang masih kurang karena salah satu Taman Kanak-kanak di wilayah Kabupaten Tulungagung menerapkan kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada kegiatan akademik dan mengabaikan kegiatan bermain sebagai metode pembelajaran. Guru lebih menekankan pada lembar kerja siswa. Hal ini menimbulkan kebosanan pada anak saat belajar, terutama saat berhitung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional dakon terhadap kemampuan anak TK A dalam menghitung bilangan 1-10. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-experimental dengan pre-test dan post-test group. Dua belas anak digunakan dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik uji beda hasil sebelum dan sesudah dilakukan uji (t-test). Observasi, dokumentasi dan tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, maka hipotesis penelitian dapat diterima. Hal ini terlihat dari hasil penghitungan nilai p value < 0,05 dengan nilai 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat diartikan bahwa permainan tradisional dakon berpengaruh terhadap kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok TK A.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Anak Kelompok A, Kemampuan Berhitung, Permainan Dakon
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3833

Actions (login required)

View Item
View Item