Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Huruf Menggunakan Media Flash Card pada Siswa Kelompok A TK Al Khodijah Wonokromo

TYAS AYUFILANIRA (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Huruf Menggunakan Media Flash Card pada Siswa Kelompok A TK Al Khodijah Wonokromo. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian yang dilakukan ini berawal dari kesadaran akan kurangnya kemampuan anak usia dini untuk mengenal dan membedakan huruf. Kemampuan kognitif memiliki keterkaitan erat dengan proses berpikir, mengingat, mengelompokkan, menyusun, dan membedakan objek. Pada penelitian ini, peneliti menerapkan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk siswa kelompok A di TK Al Khodijah Wonokromo, tahun ajaran 2022-2023. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah guna melihat peningkatan kemampuan kognitif pada anak dalam mengenali huruf serta kemampuan mereka dalam menyusun huruf menjadi kata yang tepat menggunakan media flash card. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari lima rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 21 anak didik, dengan 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Untuk mengumpulkan data, peneliti menerapkan teknik observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan tindakan perbaikan pembelajaran menggunakan media flash card huruf abjad. Pada tahap pra-siklus, presentase keberhasilannya adalah 29%, yang kemudian meningkat menjadi 43% pada siklus 1, dan terus mengalami kenaikan menjadi 81% pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kemampuan kognitif, mengenal huruf, flash card
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3832

Actions (login required)

View Item
View Item