LULUK HIDAYATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS II SD UMU AIMAN LAWANG KABUPATEN MALANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam pembelajaran matematika materi perkalian pada siswa kelas II SD Umu Aiman terdapat siswa yang belum tuntas KKM dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan guru masih belum menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat sehingga siswa mengalami kesulitan memahami materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan pembelajaran dengan metode demonstrasi dengan menggunakan media konkret. Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran materi perkalian melalui media konkret. Adapun metode penelitian ini digunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Umu Aiman Kecamatan Lawang Kabupaten Malang semester II tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Dalam PTK, dilakukan terdapat 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data yang menunjukkan peningkatan sebesar 22,22%, dari 51,85% pada kegiatan observasi awal menjadi 74,07% pada siklus 2. Presentase tersebut dianggap telah memenuhi target awal penelitian yang ditentukan sebesar 60%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | media konkret, pembelajaran matematika, siswa |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3812 |