MEI NINDI PUSPITA SARI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achivement Division) PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI KALITENGAH 03 KECAMATAN PANGGUNGREJO KAB BLITAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V UPT SD Negeri Kalitengah 03. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) . Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek peneliti dikelas V yang terdiri dari 19 siswa, yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran. Serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian siklus I diperoleh tuntas individu 15 orang dan belum tuntas individu 4 orang dengan persentase daya serap klasikal 76% dan ketuntasan belajar klasikal 78,94%. Hasil observasi guru sesuai pengamatan diperoleh 84,68% dan hasil observasi siswa diperoleh 83,44%. Hasil belajar siklus II seluruh siswa dinyatakan tuntas yaitu 100% dengan persentase daya serap klasikal 82,68% Hasil observasi guru sesuai pengamatan diperoleh 86,12% dan hasil observasi siswa diperoleh 84,43%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3807 |