USWATUN KHASANAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SDS ISLAM QATHRUNNADA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam menerapkan sebuah teknik pendekatan berupa bentuk pembelajaran cooperative tipe jigsaw yang dipereruntukkan dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa jawa siswa kelas V SDS Islam Qathrunnada Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada semester II Tahun Pelajaran 2022/2023.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama dua siklus,tahapan pelaksanaanya yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan tindak lanjut. Dua puluh siswa kelas V SDS Islam Qathrunnada Purwodadi yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil data skor siswa yang diperoleh pada refleksi awal, skor umumnya yang diperoleh secara klasikal adalah 58, dengan masing-masing lima belas siswa yang tidak tuntas(75%) dan lima siswa yang tuntas (25%). Dua belas siswa menyelesaikan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw pada Siklus I (60%), sedangkan ada delapan siswa yang masih belum tuntas (40%), karena rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa masih 72,2. Pada Siklus II, delapan belas siswa tuntas (90%),sedangkan ada dua siswa yang masih belum tuntas(10%),sehingga didapatkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 85,5%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas V mencapai hasil belajar bahasa jawa yang lebih baik. Kesimpulan penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw ini bisa lebih meningkatkan perolehan hasil belajar bahasa jawa siswa kelas V di SDS Islam Qathrunnada Purwodadi.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, cooperative tipe jigsaw,Hsil Belajar Siswa |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3804 |