Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODEPENDEKATAN RALISTIK DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DI LINGKUNGAN SEKITAR

MUKHAMAD ILHAM (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODEPENDEKATAN RALISTIK DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DI LINGKUNGAN SEKITAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar tematik pada kelas empat di MI Bahrul Ulum melalui metode pendekatan realistik dengan menggunakan media benda konkret di lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sujek dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas 4-B MI Bahrul Ulum yang berjumlah 20 siswa pada tanggal 04 Mei 2023. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap tahapan siklus melalui empat tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan, tindakanpengamatan dan refleksi. Pada siklus pertama, guru mengaplikasikan metode pendekatan realistik. Pada siklus yang kedua, guru menggunakan pendekatan realistik dan media benda konkret yang ada di lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan nilai sebanyak 25% pada siklus satu dan 15% pada sikus dua dan keaktifan siswa meningkat seiring dengan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar tematik pada siswa kelas 4-B di MI Bahrul Ulum melalui metode pendekatan realistik dengan menggunakan media benda konkret di lingkungan sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pembelajaran tema, pendekatan realistik, benda konkret
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3800

Actions (login required)

View Item
View Item