IKA OCTAVIANI (2023) Meningkatkan Kemampuan Melipat Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Jambuwer Kabupaten Malang Jawa Timur. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada penelitian ini peneliti memilih untuk menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Teknik analisis deskriptif kualitatif metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan melipat. Dimana kemampuan melipat anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang tergolong rendah, sehingga anak kesulitan dalam membuat karya seni yang pada umumnya terbuat dari kertas origami. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang rentan usianya 5-6 tahun yang berjumlah 23 anak di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Jambuwer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perkembangan yang cukup baik dari hari ke hari. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dimana 1 siklus dilaksanakan selama 5 hari. Prosentase kemampuan melipat anak dari siklus 1 sampai siklus 2 menunjukkan hasil yang baik yaitu terdapat peningkatan sebanyak 70% dimana awal penelitian dilakukan hanya 5 anak yang mempu mengikuti langkah-langkah melipat dan sampai siklus 2 berlangsung sudah terdapat 16 anak didik yang mampu mengikuti dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan melipat anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Jambuwer.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Melipat, Metode Demonstrasi, PAUD |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3795 |