Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Gemarang 05 Kabupaten Madiun

WENY DWI RISMAYANTI (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Gemarang 05 Kabupaten Madiun. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah pokok bahasan satuan waktu dengan menerapkan metode demonstrasi di kelas II SDN Gemarang 05 Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas ((PTK)) dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Gemarang 05 Kabupaten Madiun dengan menerapkan metode demonstrasi. Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 bulan dengan subjek penelitian berupa siswa SDN Gemarang 05 Kabupaten Madiun. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi tentang pembelajaran, observasi tentang perilaku belajar siswa, dan tes penguasaan tentang pokok bahasan satuan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi berdasarkan prinsip pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Sebelum menerapkan metode demonstrasi, guru hanya menggunakan metode ceramah dan terdapat 6 siswa yang belum mencapai KKM ≥ 65, dan hanya 4 siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada mata pelajaran Matematika. Namun, setelah menerapkan metode demonstrasi, pada posstes siklus I, hanya 3 siswa yang belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata 70 (70%). Pada evaluasi siklus II, terjadi peningkatan pembelajaran, di mana sebanyak 9 siswa telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata siswa 88 (90%).

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode, Peningkatan.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3793

Actions (login required)

View Item
View Item