SITI NUR LAILA (2023) Model Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKKeberhasilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika dapat dilihat dari hasil belajarnya. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan pemecahan masalah matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penerapan model Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Islam Terpadu Ulul Albab Kertosono pada materi penyajian data. Jenis penelitian ini adalah penelitian perbaikan pembelajaran kolaborasi dengan teman sejawat. Penelitian ini melibatkan 14 siswa kelas V SD Islam Terpadu Ulul Albab yang terdiri 8 laki-laki dan 6 perempuan yang digali melalui tes tulis dan observasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Islam Terpadu Ulul Albab Kertosono. Hal ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan peningkatan persentase ketuntasan sebesar 42% (kondisi awal pra siklus 29% menjadi 71%) dan peningkatan pada siklus II dengan peningkatan persentase ketuntasannya sebesar 22% (siklus I 71% menjadi 93%). Sarana dan prasarana perlu mendukung peningkatan hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: hasil belajar; matematika; problem solving |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3792 |