Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI BABADAN

FRANSISCA DWY NOVIANTI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI BABADAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar PKn siswa menjadi akar permasalahan dalam penelitian ini. Hasil tes evaluasi pada pra siklus menunjukkan empat dari empat belas peserta didik yang memenuhi nilai KKM 70. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Make a Match pada materi Hak dan Kewajiban sebagai Warga Masyarakat pada siswa kelas IV SD Negeri Babadan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Babadan dengan menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas dengan guru sebagai peneliti dan 14 murid berperan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan satu kali pertemuan per siklus. Temuan penelitian ini menunjukkan tingkat penyelesaian hasil belajar PKn yang jauh lebih tinggi bagi siswa yang memiliki hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Pada pra tindakan dengan rata-rata 45,57 presentase 29% , kemudian siklus 1 dengan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 65,57 presentase 71% , sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 84,28 mencapai peningkatan ketuntasan100%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan teknik Make a Match dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Babadan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Make a Match, PKN
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item
View Item