Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 SDN 1 KERJO

YOGI HABIB HERIDA (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 SDN 1 KERJO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada Kurikulum 2013 pendidikan di tingkat Sekolah Dasar berpusat pada siswa, yang mengharuskan siswa untuk aktif dalam bertanya. Tetapi kenyataannya pencapaian kemampuan dalam bertanya siswa masih cenderung sangat rendah pada pembelajaran tematik terpadu, oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam pembelajaran tersebut. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih efektif, salah satunya yaitu model discovery learning. Model discovery learning ini berbasis penemuan sendiri dalam pengetahuannya, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya. Penulisan ini menggunakan metode studi literatur (Library Research), yang digunakan untuk mengganalisis literatur terkait model discovery learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan bertanya siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal hasil penelitian terdahulu dan juga dari buku yang relevan dengan topik pembahasan sebagai sumber data. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan cara analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, model discovery learning efektif diterapkan pada pembelajaran tematik terpadu karena dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas 2 SDN 1 Kerjo.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Keterampilan Bertanya
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3787

Actions (login required)

View Item
View Item