DIMAS CIPTO AGUNG SAPUTRO (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS 2. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Membaca merupakan suatu kegiatan yang paling mendominasi di dalam dunia pendidikan. Kegiatan membaca tidak hanya ada pada pembelajaran bahasa, namun pada semua mata pelajaran pasti terdapat suatu kegiatan membaca didalamnya. Maka dapat dikatakan bahwa keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran sangat tergantung dari kemampuan membacanya. Berangkat dari hal itu seorang guru diharapkan untuk mampu mendukung pengembangan kemampuan membaca tersebut dengan segala bentuk keterampilan dan inovasi-inovasinya sehingga siswa betul-betul memiliki kemampuan membaca yang baik dan mampu untuk menyerap materi pembelajaran secara maksimal. Pada kenyataannya, masih banyak satuan pendidikan yang kemampuan membaca siswanya kurang, seperti halnya siswa kelas 2 SD Negeri 3 Pakel Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek yang masih terdapat siswa yang memiliki kendala pada kemampuan membacanya. Selain itu ketika pembelajaran berlangsung siswa kelas 2 SD Negeri 3 Pakel ini banyak yang tidak fokus dan ramai sendiri, alih-alih menuntun siswa dalam membaca, jalannya pembelajaran justru terhambat dan materi tidak terselesaikan. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk memberikan salah satu bentuk alternatif perbaikan pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya kemampuan membaca pada siswa kelas 2 yang daya serap membacanya masih kurang dengan menerapkan metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Tujuan dari pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk membaca dan menerima umpan balik dari kegiatan membaca yang telah dilakukan. Selain upaya diatas peneliti juga akan melakukan beberapa perubahan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran agar lebih kompleks untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sebelumnya. Setelah dilakukan penelitian perbaikan melalui 2 siklus perbaikan pembelajaran diketahui bahwa rata-rata nilai siswa kelas 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi penggunaan tanda baca mengalami peningkatan dari rata-rata nilai 60,55 pada kondisi pra siklus, kemudian setelah siklus 2 menjadi 78,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa yang juga membawa dampak peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi penggunaan tanda baca.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca, Metode CIRC |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3779 |