Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS II SD

DEVITA PUTRI FATMASARI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS II SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di kelas II SDN 1 Senden adalah rendahnya hasil belajar matematika khususnya pada materi bangun datar. Hal ini disebabkan keterlibatan siswa yang kurang dalam proses pembelajaran, sehingga nilai yang diperoleh siswa masih rendah dan mendapatkan nilai dibawah KKM. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun datar melalui penerapan model pembelajaran discovery learning di kelas II SDN 1 Senden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 15 siswa kelas II SDN 1 Senden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes dan observasi, sedangkan metode analisis yang digunakan meliputi teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning. Di siklus 1 rata-rata nilai siswa adalah 63 dan di siklus 2 meningkat menjadi 82. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun datar kelas II SD.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, bangun datar, discovery learning
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3770

Actions (login required)

View Item
View Item