EVY DWI IRAWATI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Permainan dengan Media Timbangan. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan metode permainan dengan media timbangan dalam proses pembelajaran matematika pada materi pengukuran berat di kelas III SDN Kanyoran 2. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran berat pada siswa kelas III SDN Kanyoran 2. Penelitian ini bersumberkan siswa kelas III SDN Kanyoran 2 dengan jumlah peserta didik 22 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus perbaikan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 22 siswa pada kegiatan prasiklus terdapat 16 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata yang diperoleh kelas sebanyak 58,1. Oleh sebab itu, peneliti membuat perbaikan siklus 1 untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari siklus 1 diketahui terdapat 9 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,3. Selanjutnya dilakukan siklus 2 diperoleh hasil yang sudah memuaskan, dimana dari 22 siswa sudah tidak ada siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM dan didapat nilai rata-rata kelas sebesar 86,4. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar dari kondisi awal yang hanya 6 peserta didik yang tuntas belajar (27%) menjadi 13 orang yang tuntas belajar pada siklus 1 (59%), dan menjadi 22 peserta didik yang tuntas belajar pada siklus 2 (100%).
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Hasil Belajar, Metode Permainan |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3758 |