Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Alat Peraga Jam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika

PURI RAHAYU (2023) Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Alat Peraga Jam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit dan menakutkan oleh siswa. Sehingga mengakibatkan nilai matematika selalu rendah. Di dalam kelas yang dikelola peneliti terdapat masalah yaitu rendahnya kemampuan matematika yaitu tentang satuan waktu di kelas II SDN Sidomulyo 1, sehingga guru mengadakan penelitian ini. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN Sidomulyo 1. Sebagai tindakannya, peneliti telah menerapkan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga jam analog di dalam pembelajaran. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam beberapa tahap meliputi prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada setiap tahap juga dilakukan langkah-langkah seperti siklus PTK mulai perencanaan, pelaksanaan , pengamatan yang dibantu oleh teman sejawat dan refleksi. Setelah di analisis, menunjukkan data pada hasil belajar siswa selalu meningkat yang masing-masing siklusnya 26,3%, 64% dan 84%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga jam analog dalam meningkatkan kemampuan matematika tentang satuan waktu di kelas II SDN Sidomulyo 1 pada tahun 2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3753

Actions (login required)

View Item
View Item