Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas III SD Negeri 4 Begadung Nganjuk

MELLYNIA DEWI AYU SETIAWATI (2023) Penerapan Model Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas III SD Negeri 4 Begadung Nganjuk. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar mata pelajaran PKn kelas III SD Negeri 4 Begadung yang kurang memuaskan mengakibatkan banyak peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang menjadi tolak ukur kelulusan peserta didik dalam menempuh suatu mata pelajaran. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih konvensional, maka dari itu guru perlu mengembangkan proses pembelajaran dengan menarik seperti model cooperative learning. Model cooperative learning adalah model pembelajaran yang menggunakan bantuan teman sebaya dalam proses belajar, biasanya guru membentuk kelompok-kelompok kecil dengan kemampuan yang berbeda-beda ataupun berpasangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn dari Pra Siklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Pada Pra Siklus hanya 3 anak (15%) siswa yang mencapai KKM, pada Siklus 1 terdapat 9 anak (45%) yang telah mencapai KKM. Pada Siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 18 anak (90%) yang telah mencapai KKM .

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Cooperative Learning, Meningkatkan Hasil Belajar PKn, Menunjukkan Hak dan Kewajiban Siswa Terhadap Penghematan Energi.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3750

Actions (login required)

View Item
View Item