Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN KARTU PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN 1 HADIWARNO

EVA YOLANDA (2023) PENGGUNAAN KARTU PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN 1 HADIWARNO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bermaksut untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas III SDN 1 Hadiwarno pembelajaran pecahan sederhana dengan media kartu pecahan. Pembelajaran kartu pecahan digunakan oleh guru dalam permainan kartu pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Hadiwarno yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis. Pedoman observasi guru, observasi siswa dan tes tertulis digunakan sebagai alat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: Di SDN 1 Hadiwarno terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III materi pecahan sederhana dengan menggunakan media kartu pecahan. Rata rata nilai pada siklus I sebesar 61,3, sedangkan pada siklus II sebesar 65,6. Peningkatan ini dikarenakan adanya penjelasan tentang aturan permainan kartu pecahan, dan guru menyajikan simulasi pelaksanaan permainan kartu pecahan. Dengan demikian, siswa dapat memainkan permainan kartu pecahan sesuai dengan aturan mainnya.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar,pecahan sederha, media kartu pecahan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3745

Actions (login required)

View Item
View Item