ZAHROTUL FAWAIDAH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN CAMPURAN PADA SISWA KELAS VI SD ISLAM AL FURQON SURABAYA DENGAN METODE DRILL PADA MEDIA TEKA-TEKI SILANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika yang masih kurang, siswa belum dapat menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal cerita, serta kemampuan siswa dalam menentukan model matematika yang digunakan dalam penyelesaian soal sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Islam Al Furqon Surabaya dengan menerapkan Metode Drill media permainan TTS (Teka Teki Silang) Operasi Hitung Bilangan Bulat Campuran. Fakta tersebut ditunjukkan melalui nilai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) Matematika yaitu 70, subjek penelitian adalah siswa kelas VI (enam) dengan jumlah 23 Siswa dan hanya 30 % siswa yang mencapai nilai KKM tersebut sisanya 70% siswa dibawah nilai KKM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes tulis dan observasi. Ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 54% dan pada siklus II 90%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode permainan TTS pada materi Operasi Hitungan Bilangan Bulat Campuran meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI di SD Islam Al Furqon Surabaya serta memberikan suasana belajar yang menyenangkan dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media permainan Teka Teki Silang, pembelajaran, metode drill |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3740 |