RENY ENDAH HESTYOWATI (2023) Implementasi Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Unsur Intrinsik Cerita Di Kelas 4 SD XZ. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan video dengan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 4 Sekolah Dasar Xin Zhong tentang unsur intrinsik cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Xin Zhong Surabaya. Dalam penelitian terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kerja siswa untuk mengetahui pemahaman siswa pada siklus 1 dan siklus 2. Aspek yang diteliti adalah jawaban yang ditulis dengan benar dan baik pada lembar kerja siswa. Pada pembelajaran prasiklus, presentasi pemahaman siswa sebesar 60% yaitu 15 siswa dari 25. Pada pembelajaran siklus 1, pemahaman siswa meningkat menjadi 72% yaitu 18 dari 25 siswa. Pada pembelajaran siklus 2 pemahaman siswa menjadi 80% yaitu 20 dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video dengan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang unsur intrinsik cerita.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran bahasa Indonesia, Unsur intrinsik cerita, media pembelajaran video |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3738 |