DEANITA JAUHAROTUL HUSNIYAH (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI MELALUI METODE DRILL (LATIHAN) PADA SISWA KELAS III SDN WARU 1. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini terdorong oleh isu rendahnya kemampuan menulis di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa kelas III SDN Waru 1 meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan menggunakan media gambar seri dan metode drill (latihan). subyek dalam penelitian ini adalah 23 siswa Kelas III semester genap tahun pelajaran 2022–2023. Dari jumlah tersebut, 11 adalah laki-laki dan 12 adalah perempuan. Penjelajahan ini adalah Penjelajahan Kegiatan Wali Kelas atau yang sering disebut PTK. Ada empat tahapan yang harus diselesaikan dalam setiap dua siklus penelitian ini: 1) Tahap Perencanaan; 2) Tahap Pelaksanaan; 3) Tahap Pengamatan; dan 4) Tahap Refleksi. Hasil observasi dan tes akan digunakan dalam proses pengumpulan data sebagai teknik analisis data. Hasil akhir dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada kemampuan mengarang eksposisi siswa. Meningkatnya nilai tes siswa pada siklus II merupakan bukti adanya peningkatan keterampilan menulis. Pada siklus I hasil belajar menulis karangan siswa sebesar 30,43%, yang menunjukkan bahwa batas KKM sebesar 70 persen belum terpenuhi. Hasil tersebut meningkat menjadi 86,95% setelah dilaksanakannya penyempurnaan perencanaan pada siklus II dengan kategori Sangat Baik karena telah mencapai ketuntasan minimal.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: menulis karangan, gambar seri, keterampilan menulis |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3729 |