Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN

CHOLISOTUR ROHMAH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan pada siswa kelas IV di SD Islam Makarimul Akhlaq Gudo Jombang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Makarimul Akhlaq sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Makarimul Akhlaq Gudo Jombang. Meningkatnya hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata persentase observasi keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 14%, sedangkan siswa yang kurang aktif sebesar 43% dan siklus II siswa yang sangat aktif sebesar 21%, siswa yang aktif 57%, dan siswa yang kurang aktif sebesar 21%. Hasil belajar siswa juga meningkat signifikan dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I adalah 54,6 dengan persentase ketuntasannya 50% dan pada siklus II dengan rata-rata 67,8 dengan persentase ketuntasannya sebesar 79%. Dari pernyataaan di atas dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam materi bilangan bulat menggunakan media garis bilangan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : bilangan bulat, garis bilangan, hasil belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item
View Item