ABDUR ROHMAN (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN DALAM MENGGUNAKAN ALAT UKUR WAKTU DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS III SDN SIDOKUMPUL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika menggunakan metode Demonstrasi pada jam dinding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika tentang menghitung lama kegiatan dengan menggunakan metode Demonstrasi pada jam dinding. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas III SD Negeri Sidokumpul Kecamatan Paciran Desa Sidokumpul dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 4 siswa (30%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 9 siswa (60%). Pada siklus II meningkat menjadi 14 siswa (90%). Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan metode Demonstrasi pada jam dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3726 |