BINTI USWATUN KHASANAH (2023) PENGGUNAAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dalam pokok bahasan zat tunggal dan campuran siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo dengan penggunaan media realia. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing melalui 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Al Huda SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar IPA. Penelitian tindakan ini dikatakan berhasil bila nilai rerata hasil belajar IPA di atas nilai KKM=75. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes evaluasi isian singkat. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata hasil belajar pra siklus sebesar 69,29. Setelah dilakukan penelitian tindakan, nilai rerata kelas pada siklus I meningkat menjadi 74,64 sedangkan pada siklus II nilai rerata kelas telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan sebesar 83,57. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Media Realia |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3723 |