Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SISWA KELAS II SD MEWY SCHOOL OF SURABAYA

ARTSILIA SASMITA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SISWA KELAS II SD MEWY SCHOOL OF SURABAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran matematika SD, kendala yang seringkali terjadi mengenai materi perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD MEWY SCHOOL OF SURABAYA mengenai materi perkalian untuk menentukan pasangannya dengan tepat menggunakan metode Make A Match. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran Make A Match. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kartu soal dan kartu jawaban. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah identifikasi masalah, perancangan Tindakan, pengumpulan data, serta analisis data yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan fokus yang berbeda. Analisis yang dilakukan terhadap data yang diperoleh dengan Teknik deskriptif kualitatif berdasar hasil observasi terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 78 dan rata-rata hasil belajar pada siklus II menjadi 92. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa pada siklus I menjadi 4 siswa siklus II. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar melebihi kriteria keberhasilan yaitu >75%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, perkalian, model pembelajaran Make A Match,
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3722

Actions (login required)

View Item
View Item