NUR ISTIQOMAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUKAN MEDIA DIORAMA 3 DIMENSI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pencapaian hasil belajar sangat erat kaitannya dengan upaya untuk memahami konsep IPA melalui pemecahan masalah yang konkret dan kontekstual. Namun faktanya selama ini masih banyak ditemukan berbagai permasalahan, baik dari sisi guru maupun siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Paradigma pembelajaran IPA mengalami pergeseran. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan sebuah usaha agar dapat memperbaiki hasil belajar supaya menjadi lebih baik. Usaha yang tepat adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam membangun konsep pengetahuan mereka. Model pembelajaran yang mengajak siswa berperan aktif salah satunya adalah model Scientiffic Learning. Penggunaan model pembelajaran Scientific Learning menggunakan media Diorama 3 dimensi latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA materi Ekosistem di kelas V SDN 1 Siman Ponorogo. Hal ini terbukti dari peningkatan yang signifikan pada nilai evaluasi hasil belajar, siswa yang memperoleh nilai diatas KKM pada pra siklus (8 orang 32%), siklus I (19 orang 76%), dan siklus II (23 orang 92%). Aktivitas Belajar siswa mengalami kemajuan dan perkembangan yang posisitif. Ini menunjukkan siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga diperoleh nilai rata rata aktivitas siswa pada masing masing kegiatan adalah Siklus 1 81,87 % dan Siklus II 88,22%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Diorama, IPA, Scientific |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3719 |