SITI LAILATUN NIKMAH (2023) Penggunaan Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas II SDN Dukuhngarjo. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahasa mempunyai peranan sangat penting dalam proses pembelajaran diantaranya untuk menyampaikan informasi yang dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan. Mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat dasar bertujuan untuk mengembangkan kompetensi membaca dan menulis. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kemampuan dasar yang harus dikuasai yaitu kemampuan kosakata dalam menunjang penggunaaan bahasa inggris dalam bahasa sehari-hari. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan menerapkan media flashcard dalam proses pembelajaran di kelas II SDN Dukuhngarjo, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan proses belajar khususnya membaca dan menulis. Tujuan melaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam teks Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah (Kemmis dan Mc. Taggart, 2010) dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2. Adapun nilai rata-rata yang didapat siswa pada siklus 1 adalah 77 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81. Dari segi ketuntasan, sebanyak 73% siswa tuntas (14 siswa) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 94% (18 siswa). Pada aktifitas kegiatan siswa meliputi keaktifan, kedisiplinan, perhatian dan penugasan juga mengalami peningkatan sebanyak 68,75% pada siklus 2 yang sebelumnya pada siklus hanya 56,25% .
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Inggris, Media Flashcard, Kemampuan Siswa, Kosakata |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3718 |