KHAMDANI ALI MASHUD (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN TEKNIK JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III MIM GAMBIRANOM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar Matematika siswa kelas III MIM Gambiranom materi perkalian tergolong rendah. Hanya 2 siswa dari 22 siswa kelas III yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan fakta ini, peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian menggunakan teknik jarimatika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah 22 siswa kelas III MIM Gambiranom. Dalam penelitian ini guru bertindak sebagai peneliti dengan obyek penelitian terdiri dari dua siklus dengan menggunakan siklus spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan ditutup dengan refleksi. Dalam menganalisis data, teknik yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa lembar pengamatan dan soal postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik jarimatika membantu siswa meningkatkan kemampuan berhitung perkalian 6 sampai 10. Hal ini dapat dilihat dari 11 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 20 siswa. Berdasarkan hasil perbaikan pembalajaran ini dapat memberikan saran yaitu dalam mengajarkan mata pelajaran matematika operasi hitung perkalian 6 - 10 dapat menggunakan teknik jarimatika agar dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Jarimatika, Kemampuan berhitung perkalian, Perkalian |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3717 |