FIRMANSYAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGALI INFORMASI DARI BACAAN MATERI DATARAN TINGGI MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS IV MI SUNAN GIRI SURABAYA DALAM PELAJARAN IPS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak-Upaya meningkatkan kemampuan menggali informasi dari bacaan materi dataran tinggi menggunakan media Big Book pada siswa kelas IV MI Sunan Giri Surabaya dalam pelajaran IPS. Pelaksanaan pembelajaran IPS kelas IV di MI Sunan Giri Surabaya, bahwa kemampuan siswa untuk menggali informasi dari sebuah bacaan pelajaran IPS pada materi dataran tinggi sangat kurang sekali, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama bagi siswa untuk menggali informasi dari suatu teks bacaan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang tidak bisa menjawab dengan benar pertanyaan yang diberikan dan hasil belajar siswa tidak mencapai KKM mata pelajaran IPS yakni sebesar 75. Diketahui dari 18 siswa kelas 4 rata-rata nilai siswa yang mencapai KKM hanya 4 siswa, sisanya 14 siswa belum mencapai nilai KKM. Apabila dipersentasikan hanya sebesar 22% siswa yang mencapai KKM, dan sejumlah 78% lainnya dikatakan masih belum mampu mencapai nilai ketuntasan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan media Big Book dalam meningkatkan kemampuan menggali informasi dari bacaan materi dataran tinggi pada siswa kelas IV MI Sunan Giri Surabaya. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam kemampuan menggali informasi materi dataran tinggi mata pelajaran IPS melalui media Big Book pada siswa kelas IV MI Sunan Giri Surabaya. Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini penulis menggunakan Model Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian yakni siswa kelas IV MI Sunan Giri Surabaya tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis menggunakan butir soal pilihan ganda, serta dokumentasi. Hasil penelitian pada Siklus I siswa yang mengalami ketuntasan hanya sejumlah 12 siswa sednagkan yang tidak tuntas ada 6 siswa dan presentase ketuntasan hanya 66,6%. Sedangkan pada Siklus II siswa yang mengalami ketuntasan dalam belajar mencapai 15 siswa sedangkan yang masih belum tuntas menurun menjadi hanya 3 siswa dengan presentase 83,3%. Peneliti memutuskan untuk menghentikan sampai siklus II karena hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria indikator kinerja yang ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Big Book, Media Pembelajaran, Keterampilan Membaca |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3709 |