Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS VI-A

ZAINUL ABIDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS VI-A. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dalam rangka perbaikan pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika Materi volume bangun ruang pada siswa kelas 6A di UPT SD Negeri 32 Gresik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number head together atau nht. Bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas di mana desain penelitian menggunakan model gamis dan mactagor pada penelitian ini subjek yang diambil adalah siswa kelas 6A UPT SD Negeri 32 Gresik sebanyak 26 anak yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes kemudian data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 74,42 dan tingkat ketetasan belajar klasikal 61,54% siklus 1 naik menjadi 81,92 untuk rata-ratanya Sedangkan untuk tingkat keentasan belajar klasikal naik sebesar 76,92% lalu Pada siklus kedua siklus yang terakhir nilai rata-rata siswa sebesar 84,04 dan tingkat kecerdasan belajar 80,77% tingkat aktivitas keaktifan siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 rata-rata tingkat skor keaktifannya 22,5 dengan kategori cukup aktif pada siklus kedua mengalami peningkatan dengan skor 30 dan dengan kriteria penilaian sangat aktif.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: kooperatif, number head together, hasil belajar, keaktifan siswa
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3705

Actions (login required)

View Item
View Item