KONIK ATUN (2023) Implementasi Media Pembelajaran Berupa Gambar Pada Mata Pelajaran PKn Kelas III di UPT SDN 231 Gresik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran PKn tentang menghargai keberagaman pada peserta didik, banyak diantara mereka yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM. Adanya peserta didik yang kurang antusias dalam belajar, bermain dengan teman sebangku dan berbicara dengan temannya adalah faktor dari hasil yang kurang memuaskan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan sebuah hasil belajar peserta didik kelas III UPT SD Negeri 231 Gresik pada mata pelajaran PKn pada Tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 tentang menghargai keberagaman dengan menerapkan media gambar. Pada penelitian ini menggunakan metote PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang mana ada 2 siklus pada penelitian tersebut. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang harus dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Perolehan data pada penelitian ini adalah dari observasi dan tes. Dari hasil penelitian tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III UPT SD Negeri 231 Gresik dengan melihat prosentase ketuntasan pesera didik. Prosentase belajar peserta didik yang tuntas pada pembelajaran pada siklus I adalah 43%. Pada siklus ke II prosentase ketuntasan belajar peserta didik adalah 86%. Pada hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran PKn yang menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PKn, Media gambar, Hasil belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3703 |