Search for collections on Karya Ilmiah

IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

SRI ASTUTI RUBIANTINI (2023) IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model inkuiri dalam pembelajaran Matematika di kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher center), guru kurang memberikan pengalaman langsung, pembelajaran terkesan tidak fleksibel sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menerapkan siklus 1 dan 2. Jenis PTK merupakan jenis penelitian yang bertujuan memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa, dimana dalam penelitian ini menggunakan model inkuiri. Model pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang diberi kesempatan secara luas untuk melakukan aktivitas mengamati, meyelidiki, melakukan percobaan dengan menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan sendiri dengan atau tanpa bantuan guru. Pengumpulan data penelitian dilakukan peneliti dengan cara mengamati keadaan kelas yang sebenarnya dan menelusuri artikel-artikel bereputasi yang terdapat pada jurnal online. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah model inkuiri dan Matematika. Dari hasil analisis beberapa artikel menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model inkuiri, matematika
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item
View Item