LILIN AMILINA (2023) Penggunaan Media Manipulatif pada Materi Bilangan Pecahan untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas 3 SDN Blumbang Lamongan. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakMatematika salah satu mata pelajaran yang memberikan kontribusi positif tercapainya masyarakat yang cerdas dan bermanfaat melalui sikap kritis dan berfikir logis. Masalah klasik dalam pendidikan matematika di Indonesia adalah rendahnya prestasi serta kurangnya motivasi dan keinginan terhadap pembelajaran matematika di sekolah, terutama pada materi pecahan. Berdasarkan permasalahan yang ada, diketahui bahwa faktor penyebab siswa kurang menguasai materi bilangan pecahan adalah dikarenakan kurang fokusnya siswa dalam menerima materi, dan cara guru memberikan materi sangat monoton sehingga siswa merasa bosan dan akhirnya tidak fokus, dan tidak paham. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini memilih media manipulatif untuk meningkatkan kemampuan belajar dalam bilangan pecahan. Karena media manipulatif mempunyai kelebihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, membantu tercapainya ketuntasan kelas dalam belajar, membantu pemahaman siswa, dan membangkitkan minat belajar. Tujuan perbaikan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar bilangan pecahan melalui media manipulatif. Setelah guru melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media manipulatif, hasil belajar siswa meningkat yaitu yang mulanya pada siklus I hanya 9 siswa yang tuntas kemudian pada siklus II semua ke 15 siswa tuntas. Hal tersebut membuktikan bahwa media manipulatif sangat ampuh untuk meningkatkan kemampuan belajar pada bilanagan pecahan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Bilangan pecahan, Kemampuan belajar, Media manipulatif |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3696 |