Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UPTD SDN PRANCAK 2

ISTIQOMAH (2023) PENINGKATAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UPTD SDN PRANCAK 2. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakLaporan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil hasil belajar siswa kelas III UPTD SD Negeri Prancak 2 dalam melakukan pembelajarn penjumlahan dengan metode problem solving. Tahapan dalam siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Berdasarkan pengamatan hasil belajar siswa kelas III UPTD SD Negeri Prancak 2 diketahui bahwa pencapaian nilai matematika masih rendah. siswa yang tuntas 11 siswa yang tidak tuntas 9 siswa, nilai rata-rata ulangan 60 dengan persentase 55%. Siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa nilai rata rata ulangan 90 dengan persentase 90%. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika dalam mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika yang berhubungan dengan penjumlahan di UPTD SD Negeri prancak 2 tahun pelajaran 2022-2023? Sesudah diadakah penelitian dengan metode problem solving, pada siklus I ketuntasan 55% dengan 18 siswa yang tuntas dan pada siklus II mencapai 90% dengan 16 siswa yang tuntas. Metode solving ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa, indikator ketuntasan mencapai 90% karena dengan metode problem solving dapat membuat siswa semakin aktif belajar dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: problem solving, meningkatkan hasil belajar matematika.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item
View Item