Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU SUKU KATA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS 1 SDN RENGEL I

UMI MARTATI'AH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU SUKU KATA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS 1 SDN RENGEL I. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu suku kata papan flanel pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Rengel I Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas I berjumlah 28 orang, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan membaca permulaan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Rengel I terjadi peningkatan signifikan dengan berbantuan media kartu suku kata papan flanel. Berdasarkan data hasil tes kemampuan dalam proses pembelajaran membaca menggunakan media kartu suku kata papan flanel, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prosentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I presentase jumlah siswa yang telah mencapai kriteria keberhasilan individu yakni ≥ 70, baru mencapai 63%, siklus II meningkat 26% menjadi 89%. Hal ini telah melampaui kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan oleh peneliti yakni sebesar ≥ 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu suku kata papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri Rengel I Tuban.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: membaca, media kartu suku kata, papan flanel.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item
View Item