Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIRMELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GLONDONGGEDETAHUN PELAJARAN 2022/2023

ZETI UTAMI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIRMELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GLONDONGGEDETAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa materi siklus air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) guna meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan di kelas V, SD Negeri Glondonggede, dengan partisipasi 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan perhitungan rata-rata skor. Hasil ketuntasan belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus pertama sebesar 54% dengan nilai rata-rata kelas 67,7 sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 95% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 86,8. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi siklus air melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) bagi siswa kelas V SD Negeri Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, pada Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil belajar, Model Think Pair Share (TPS)
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item
View Item