ARIANTI (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembagian Menggunakan Media Papan Pembagian di Kelas II SD Negeri Kaliwates Kecamatan Kembangbahu Tahun Pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman dari guru, bahwa hasil belajar yang rendah dalam pembelajaran matematika pada materi pembagian. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan. Permasalahan guru adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembagian menggunakan media peapan pembagian di kelas II SD Negeri Kaliwates Kecamatan Kembangbahu tahun pelajaran 2022/2023. Guru menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Perangkat yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Jumlah siswa yang dilakukan penelitian adalah 11 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada pelaksanaan pra tindakan diketahui ada 9 siswa memperoleh nilai di bawah KKM mataematika kelas II yaitu 67. Ada 3 siswa memperoleh memenuhi nilai KKM dengan ketuntasan klasikal sebesar 27,3%. Pada siklus 1 terdapat 6 siswa memenuhi KKM sebesar 54,5% dan 5 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Setelah dilaksanakan siklus 2 ketuntasan klasikal sebesar 81,8%. Dengan rincian 9 siswa mendapat nilai memenuhi KKM dan 2 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan bahwa penggunaan media papan pembagian dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembagian.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Pembagian, Papan Pembagian, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3685 |