Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi NKRI dengan Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas IV

YULIANA ANGGRAHENI (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi NKRI dengan Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas IV. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan dari suatu proses pembelajaran. Setiap siswa memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri yang berbentuk fisik, gaya berkomunikasi, gaya menyelesaikan permasalahan, gaya belajar dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dnegan metode bernyanyi pada siswa kelas IV-B SDN Ronggomulyo I Tuban. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN Ronggomulyo I Tuban dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus, yaitu siklus 1 yang dilaksanakan pada tanggal 11 April 2023 dan siklus 2 yang dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar siswa dengan metode bernyanyi dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila tentang Nama-nama Ibukota provinsi di Indonesia mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai ketuntasan mencapai 55,6%, dan pada siklus 2 nilai ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 85,2%. Pelaksanaan metode bernyanyi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa mengingat dan menghafalkan nama-nama ibu kota provinsi yang ada di Indonesia dibandingkan dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Bernyanyi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item
View Item