Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Masalah yang Berhubungan dengan Operasi Hitung Pecahan melalui Video Animasi pada siswa kelas V SDN Kepoh Bulumargi

EVA AYU MEYDIAWATI (2023) Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Masalah yang Berhubungan dengan Operasi Hitung Pecahan melalui Video Animasi pada siswa kelas V SDN Kepoh Bulumargi. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Kepoh Bulumargi setelah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan video animasi. Hal ini dikarenakan keterampilan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung pecahan sangatlah rendah dan penyebab utamanya adalah penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus, dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepoh Bulumargi pada kelas V dengan jumlah 9 peserta didik, terdiri dari 3 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Instrument berupa tes akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan soal tes berupa esai atau uraian. Instrument berupa lembar observasi/pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung pecahan kelas V dengan menggunakan video animasi mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata tes formatif meningkat menjadi 74,11 atau dengan ketuntasan 77,78% yaitu 7 dari 9 peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus II nilai rata-rata tes formatif meningkat menjadi 91,11 atau dengan ketuntasan 100% yaitu seluruh peserta didik kelas V telah mencapai ketuntasan belajar. ABSTRACTThe aim of this research is to describe the implementation of learning and the improvement of problem-solving skills related to fraction arithmetic operations in fifth-grade students at SDN Kepoh Bulumargi after implementing learning using animated videos. This is because the problem-solving skills related to fraction arithmetic operations are significantly low, and the main cause is the inappropriate use of instructional media by teachers. This research adopts a quantitative descriptive approach, specifically Classroom Action Research (CAR), conducted in cycles. The study consists of two cycles, each comprising four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The research is conducted at SDN Kepoh Bulumargi in the fifth-grade class, with a total of 9 students, consisting of 3 males and 6 females. The data collection techniques in this research include observation, tests, and documentation studies. The data analysis techniques used in this research are qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive analysis. The test instrument, in the form of essay or descriptive questions, will be analyzed quantitatively descriptively. The observation sheets will be analyzed qualitatively descriptively. The results of this research indicate an improvement in problem-solving skills related to fraction arithmetic operations in the fifth-grade class using animated videos. In the first cycle, the average score of the formative test increased to 74.11, with an achievement rate of 77.78%, indicating that 7 out of 9 students have achieved learning mastery. In the second cycle, the average score of the formative test increased to 91.11, with an achievement rate of 100%, indicating that all fifth-grade students have achieved learning mastery.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, dan Operasi Hitung PecahanKeywords: Instructional Media, Animated Videos, Fraction Arithmetic Operations.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item
View Item