RUSYDA FIKRIN NASUHAH (2023) Penerapan Pendekatan Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakPenelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan aktivitas serta hasil belajar pada penerapan pendekatan Project Based Learning tema Lingkungan Sahabat Kita. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Tes dilakukan satu kali dalam satu siklus, observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, dan wawancara dilakukan sebelum dan sesudah penelititan. Aktivitas belajar siswa pada prasiklus bernilai 40 kriteria kurang aktif, siklus I bernilai 62 kriteria cukup aktif dan pada siklus II bernilai 75,75 kriteria aktif. Hasil belajar ranah afektif pada prasiklus bernilai 53,7 kriteria kurang, siklus I bernilai 68,7 dengan cukup, dan pada siklus II bernilai 74,55 kriteria baik. Hasil belajar ranah kognitif pada prasiklus bernilai 58,8 kriteria kurang, siklus I bernilai 71,65 kriteria baik, dan pada siklus II bernilai 82,4 dengan sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotorik pada prasiklus bernilai 43,75 kriteria kurang, siklus I bernilai 60,62 kriteria cukup, dan pada siklus II bernilai 72,5 kriteria baik. Hasil yang diperoleh dinyatakan bahwa pendekatan Project Based Learning dapat meningkatan aktivitas serta hasil belajar peserta didik kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita di SDN 3 Sendangharjo.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, project based learning, siswa |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3669 |