DIAN NUR ALFIANA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET DI SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan media konkret dalam mata pelajaran matematika materi pecahan kelas 2. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada bulan Nopember 2022. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2C SDIT Al Ummah yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui 2 tahap, yang mana tiap tahapan terdiri dari 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik non tes karena penelitian ini fokus pada aspek keterampilan. Instrument non tes berupa lembar pengamatan berupa rubrik penilaian keterampilan dan lembar observasi keaktifan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan pada materi pecahan dengan menggunakan media konkrit. Rata-rata nilai siswa pada pra siklus 64,2, meningkat menjadi 74,4 pada siklus I, dan 92.0 pada siklus II. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi pra siklus siswa kurang aktif menjadi siswa yang terlibat aktif selama proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan adanya penggunaan media konkret selama proses pembelajaran dan membantu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya aspek keterampilan dalam materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Sekolah Dasar, Hsil Belajar, Pecahan, Media konkret. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3664 |