Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA PLAYDOUGH PADA KELOMPOK A DI TK DWP BANJARWUNGU

IDA WIJAYATI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA PLAYDOUGH PADA KELOMPOK A DI TK DWP BANJARWUNGU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media playdough pada kelompok A di TK DWP Banjarwungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A di TK DWP Banjarwungu yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list). Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 81% anak mengalami peningkatan dalam mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui media playdough. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 adalah 50,90%. Pada Siklus I meningkat menjadi 68,33% dan pada Siklus II telah mencapai indicator keberhasilan, yaitu 91,67 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media playdough dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK DWP Banjarwungu

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal lambang bilangan, media, playdough
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3661

Actions (login required)

View Item
View Item