NADYA NISFU NUR LAILI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN (NUMERASI) DENGAN MEDIA BIJI-BIJIAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan anak di TK Plus Al-Manshur pada Kelompok A dalam mengenal konsep bilangan (numerasi) sangatlah rendah, karena selama ini guru dalam mengenalkan konsep bilangan (numerasi) pada siswa masih belum menggunakan media yang variatif, hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak menarik, sehingga siswa cenderung pasif dan jenuh serta pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian adalah Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan (numerasi) dengan Media Biji-bijian pada ke Kelompok A. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan. Hasil observasi prasiklus menunjukkan bahwa 3 dari 15 siswa tuntas atau sebanyak 20%. Hasil observasi pada siklus 1 didapat data dari 15 siswa ada 8 siswa atau sebanyak 53% dinyatakan tuntas. Pada siklus 2 ada kenaikan sebanyak 87% atau sebanyak 13 siswa dinyatakan tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media biji-bijian mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan (numerasi) pada Kelompok A di TK Plus Al-Manshur Peterongan Jombang.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, konsep bilangan, media biji-bijian |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3657 |