PUTRI AJENG HIDAYAH (2023) Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Melipat Origami dengan Metode Pemberian Tugas. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Usia dini merupakan masa dimana dunia anak adalah bermain. Bermain bagi anak merupakan cara unik untuk memuaskan diri dan menumbuh kembangkan potensi dan kreativitas. Berdasarkan hal ini peneliti menerapkan kegiatan melipat origami dengan tujuan meningkatkan kreativitas anak sehingga potensi berkarya anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik. dengan kreativitas anak akan dapat menghasilkan beraneka karya yang membanggakan bagi mereka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan terhadap 14 anak. dari hasil penelitian siklus 1 dan siklus 2 serta berdasarkan pembahasan yang telah di uraikan dapat di simpulkan bahwa kegiatan melipat origami dapat meningkatkan keterampilan serta kreativitas anak, terlihat dari pencapaian keberhasilan anak dalam melipat pada siklus 1 sebesar 2,56 dan meningkat pada siklus 2 sebesar 3,28. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa kegiatan melipat origami dapat diterapkan dengan metode pemberian tugas yang dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran di TK, khususnya dalam pengembangan kreativitas anak melalui kegiatan melipat dengan media dan bentuk lipatan yang kreatif dan menarik sesuai dengan perkembangan dan karakteristik anak.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Melipat Origami, Metode Demonstrasi |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3651 |