Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES KOGNITIF MELALUI MEDIA STIK ANGKA PADA KELOMPOK A DI TKM NU 231 TUNAS HARAPAN BRAKUNG DUDUKSAMPEYAN GRESIK

ANGGY ROSDIANA RESITA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES KOGNITIF MELALUI MEDIA STIK ANGKA PADA KELOMPOK A DI TKM NU 231 TUNAS HARAPAN BRAKUNG DUDUKSAMPEYAN GRESIK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latarbelakang penelitian ini karena masalah kemampuan yang lemah mengenal konsep bilangan di anak kelompok A, Disebabkan karena kurangnya penggunaan media dalam kegiatan belajar. Tujuannya untuk meningkatnya kemampuan proses kognitif anak kelompok A dengan media stik angka di TKM NU 231 Tunas Harapan Brakung Duduksampeyan Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Mc Taggart dan Kemmis yang dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak yang dilaksanakan di TKM NU 231 Tunas Harapan Brakung Duduksampeyan Gresik. Observasi serta dokumentasi merupakan cara pengumpulan data di penelitian ini. Penilaian anak menggunakan penilaian BB, MB, BSH, BSB. Dengan media stik angka hasil penelitian tindakan kelas di kelompok A dapat disimpulkan bahwa menunjukkan adanya peningkatnya kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak dilihat melalui data dari siklus I sebesar 50%, serta siklus II sebesar 80%. Penggunaan media stick angka secara signifikan meningkat terhadap kemampuan pengenalan konsep bilangan. Disarankan untuk guru dapat menggunakan media stik angka yang menyenangkan untuk anak.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kelompok A, proses kognitif, stik angka
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3646

Actions (login required)

View Item
View Item