Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Metode Montessori pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK Mutiara Bangsa Surabaya Tahun Ajaran 2022-2023

ANINDITA MARTHA KIRANA (2023) Penerapan Metode Montessori pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK Mutiara Bangsa Surabaya Tahun Ajaran 2022-2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode Montessori adalah salah satu metode pembelajaran yang digunakan pada anak usia dini. Metode ini dicetuskan oleh Maria Montessori dengan pendekatan pembelajaran yang terfokus pada anak. Pendidikan Indonesia saat ini menerapkan Kurikulum Merdeka yang dibuat dengan desain kebebasan dan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Montessori pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa temuan terkait penerapan Metode Montessori pada Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Montessori diterapkan pada pelaksanaan projek kelas, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan pengembangan kemampuan dasar yang meliputi kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Kemandirian, kerja sama, dan kebebasan dalam memilih adalah aspek yang diperoleh dari penerapan Metode Montessori di sekolah TK Mutiara Bangsa. Meskipun dalam wawancara yang dilakukan ditemukan bahwa guru tidak mengenal Metode Montessori, namun fakta di lapangan menunjukkan adanya penerapan metode tersebut.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Metode Montessori, Kurikulum Merdeka, PAUD
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item
View Item