ANIK ISTICHOMAH (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok A di TK Tunas Mulya Surabaya. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakKemampuan Kognitif sangat erat sekali kaitannya dengan berfikir, mengingat, dan memecahkan masalah. Pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti di TK Tunas Mulya Kecamatan Wonokromo Surabaya yaitu dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan analisis ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Pelaksaan perbaikan dalam .penelitian ini dilakukan dengan perbaikan 2 siklus (siklus 1 dan siklus 2). Pada setiap siklus terdiri dari 5 kali pertemuan dengan 5 RPPH. Perbaikan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian yaitu anak kelompok A di TK Tunas Mulya Surabaya dengan rentang usia 4-5 tahun,dan terdiri dari 15 anak didik, dengan 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni observasi dengan memakai instrument observasi dan dokumentasi foto anak. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut yaitu meningkatnya hasil kemampuan kognitif mengenal angka pada anak melalui media kartu angka bergambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A mengalami peningkatan dari 8 anak (53,3%) pada pra siklus, meningkat menjadi 14 anak (93,3%) dari keseluruhan murid yang berjumlah 15 anak pada siklus 2.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : kemampuan kognitif, mengenal angka, media kartu angka |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3639 |