DHENOK ANGGRAENI (2023) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA SISWA KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN MEMORY GAME MENGGUNAKAN H5P INTERACTIVE CONTENT DI TK KRISTEN PETRA 9 SURABAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Anak usia dini ialah individu yang unik serta memiliki potensi untuk dikembangkan dan diperhatikkan agar menunjukkan hasil yang optimal. Mereka membutuhkan pembinaan yang tepat melalui sistem pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Salah satu bidang perkembangan yang perlu diperhatikkan ialah kemampuan membaca. Namun kegiatan membaca seringkali membuat merasa bosan. Oleh karena itu guru harus menggunakan media yang dekat dengan dunia anak yaitu dunia bermain. Permainan yang menyenangkan untuk anak adalah game. Anak usia dini senang sekali bermain game dengan menggunakan gawai seperti HP atau komputer dan laptop. Tujuan penulisan karya ilmiah ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar membaca melalui permainan Memory Game menggunakan H5P Interactive Content di TK Kristen Petra 9 Surabaya. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode tindakan kelas, dimana data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi serta pengolahan data yang kemudian diuraikan secara deskriptif. Kesimpulan dari data yang diolah yaitu melalui permainan Memory Game menggunakan H5P Interactive Content di TK Kristen Petra 9 Surabaya, terlihat dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kenaikan persentase pada minat belajar membaca yaitu pada fakta awal sebesar 51,75%, terjadi kenaikan pada Siklus I menjadi 69,30%, dan Siklus II naik menjadi 89,04%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : anak usia dini, minat membaca, memory game H5P Interactive content |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3638 |