Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Persegi Panjang

NOVIYANTI NUR IMANI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Persegi Panjang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar siswa dalam menghitung luas persegi panjang masih rendah karena metode pembelajaran yang belum inovatif. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games and Tournaments (TGT) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Bulay II dengan dua siklus. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 15 siswa atau 65,22% pada siklus I menjadi 21 siswa atau 91,30% pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat dari 53,12% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari 67,86% pada siklus I menjadi 83,93% pada siklus II. Siswa sudah mulai aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan walaupun ada beberapa siswa yang masih butuh bimbingan. Permainan dan turnamen mendorong siswa semakin termotivasi dalam belajar. Pada siklus II, siswa semakin aktif dalam kegiatan kelompok dan semakin tertantang dalam menyelesaikan permasalahan luas persegi Panjang. Pembelajaran matematika dengan metode Teams Games and Tournaments (TGT) menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Persegi Panjang, Teams Games Tournaments
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3637

Actions (login required)

View Item
View Item