Search for collections on Karya Ilmiah

STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN KANTONG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B

ELI KURNIAWATI (2023) STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN KANTONG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bermain dengan menggunakan permainan kantong bilangan pada anak kelompok B di TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 67 Surabaya merupakan suatu strategi/cara yang dapat digunakan guru dalam mengembangkan kognitif anak terutama dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak. Hal ini dapat dilihat pada penelitian yang peneliti lakukan pada objek anak kelompok B yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, dapat dijelaskan bahwa pada siklus I anak masih kurang bisa mengembangkan kemampuan konsep berhitung angka, hal ini karena siswa masih baru menggunakan media kantong bilangan jadi masih kurang memahami cara bermainnya, akan tetapi kemudian peneliti menggunakan siklus ke II, pada siklus ke II ini menunjukkan perubahan yang signifikan mejadi lebih baik. Jadi jumlah anak yang mengalami kenaikan nilai pada hari ke 5 ada 14 anak dari 14 anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan merubah strategi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kantong bilangan yang ditambah dengan media dadu sebagai media pendukung dapat menjadikan siswa cukup aktif dan paham dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas sehingga terdapat kenaikan nilai pada anak setelah melakukan permainan kantong bilangan tersebut. Permainan ini juga dapat meningkatkan keingintahuan anak terhadap hal – hal baru serta memotivasi anak untuk berkembang dalam segala aspek terutama dalam kemampuan aspek kognitif anak. Jadi menurut peneliti melalui metode bermain dengan menggunakan permainan kantong bilangan dan dadu sebagai media pendukung adalah salah satu strategi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak terutama dalam mengenalkan konsep bilangan, karena selain medianya dapat menarik minat anak dalam belajar, anak juga dapat mengeksplorasikan dirinya selama bermain kantong bilangan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, konsep bilangan, media kantong bilangan
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item
View Item